Apa sih Root itu ?


Apa itu root merupakan pertanyaan yang sangat sering ditanyakan para pengguna smartphone bersistem operasi android. Root adalah sebuah system akun yang memungkinkan pengguna dapat mengatur, menghapus dan menambah sesuatu pada system berbasis Linux termasuk Android. Jadi bisa dikatakan root itu ibarat akun untuk membuka system tertentu yang tidak bisa diakses jika belum melakukan root. Sebenarnya banyak sekali hal-hal menguntungkan jika kita sudah melakukan proses root, salah satunya pada beberapa aplikasi utility, seperti Root Explorer, yang berguna sangat banyak salah satunya untuk edit build.prop, menghapus aplikasi bawaan vendor dan lain lain. 

Selain menanyakan apa itu root, terkadang juga banyak sekali pengguna android mempunyai anggapan bahwa setelah kita melakukan root maka garansi yang ada pada smartphone kita akan hilang. Memang benar garansi akan hilang jika smartphone kita dalam keadaan root. Namun akan berbeda lagi ceritanya, karena ada juga proses unroot atau melepas kembali hak akses penuh kita. Setelah proses unroot maka smartphone kita akan kembali seperti pada awalnya, tidak mempunyai hak akses penuh

apa itu root

Ada banyak sekali cara untuk melakukan root dan unroot, salah satunya yang sering digunakan banyak user android adalah dengan update.zip, menurut saya itu adalah cara termudah. Namun update.zip setiap perangkat itu berbeda, sehingga seperti yang saya telah sebutkan bahwa tidak semua update.zip tersedia dan ada hanya perangkat yang umum dan cukup dikenali masyarakat.

Apa sudah di Root ?

Untuk mengetahui apakah suatu perangkat Android sudah root atau belum, Anda bisa cek menggunakan aplikasi Terminal Emulator lalu setelah diinstal dan masuk ketik SU, jika hasilnya adalah tanda pagar ( # ) berarti perangkat sudah sukses atau telah melakukan root, selain itu juga bisa cek apakah ada aplikasi Superuser atau SuperSU yang tidak bisa dihapus ( default aplikasi setelah melakukan root).

Itulah sekilas mengenai root pada samrtphone android. Jadi intinya tau kesimpulannya root itu menjadi hal penting atau tidak penting tergantung pada pengguna smartphone tersebut. Apabila ingin memiliki hak akses penuh ya wajib untuk melakukkan root, namun jika sudah puas dengan keadaan default ya tidak di root pun tidak apa –apa. Semoga dengan tulisan ini bisa menyelesaikan pertanyaan apa itu root.

0 comments:

Post a Comment